Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Pasir Muntilan Terbaru Bulan Ini 2017 Update

Berapa Harga Pasir Muntilan terbaru? Pasir muntilan memang telah akrab sekali khususnya bagi kalangan masyarakat Jawa Tengah. Pasir muntilan memiliki kualitas sangat bagus, bahkan sudah tak diragukan lai oleh perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan pasir ini dengan kadar lumpur yang sedikit. Pasir dengan bentuk butiran kasar ini memang begitu ideal bagi pekerjaan pengecoran. Pasir Muntilan sendiri berasal dari gunung merapi. Selain daerah muntilan yang terkena material vulkanik dari merapi, juga daerah cangkringan di Kabupaten Sleman dan terkenal akan pasir kali gendhol.


Pasir Muntilan sendiri sudah menjadi komoditas yang penting untuk perekonomian di daerah Jawa tengah serta daerah di sekitarnya, yakni sebagai bahan material bangunan. Pasir Muntilan merapi ini terjadi karena aktivitas vulkanik dari gunung merapi yang ditambang para petani serta pemilik lahan lalu diangkut banyak truk untuk didistribusikan hingga ke berbagai wilayah yang memerlukan pasir tersebut, misalnya toko material bangunan, depo pasir hingga pabrik industry yang lainnya.

Sebagai material konstruksi, tentunya pasir wajib memenuhi persyaratan. Nah, sebagai salah satu bahan alam butiran pasir ini dipengaruhi berbagai macam faktor sehingga menghasilkan kualitas yang terbaik. Faktor musim penambangan dan tempat pasir sendiri diduga sebagai faktor utama yang bisa mempengaruhi keunggulan pasir Muntulan. Dimana material yang diperoleh dari aktivitas gunung merapi berbentuk larva pijar lalu dingin serta bertengger di area puncak gunung. Kemudian pijar larva dingin tadi pun turun melewati sungai-sungai di area kaki gunung merapi. Adapun sungai-sungai dengan letaknya yang dekat di area gunung merapi diantaranya kali krasak, kali blonkeng, kali boyong, kali lamat, kali bebeng dan kali putih.

Jika dilihat secara umum, maka pasir merapi memiliki kualitas yang memenuhi syarat sebagai bahan konstruksi beton. Berdasarkan dari tempat penambangan pasir sendiri, yakni di kali Muntilan selatan memiliki kualitas pasir yang lebih baik dibandingkan pasir di kali muntilan tengah. Sementara kualitas dari pasir kali tengah sendiri lebih baik dibandingkan kualitas pasir yang ada di bagian utara.

Pasir Muntilan tak hanya dijadikan sebagai bahan baku untuk bangunan saat membuat rumah, tetapi pasir ini juga begitu kuat, kokoh serta tahan lama bila dimanfaatkan untuk bahan konstruksi beton, cakar ayam dan cor. Disamping diakui oleh para pemborong, kualitas pasir Muntilan juga diakui banyak arsitek rumah dan peneliti sebagai jenis pasir yang tahan lama dan kuat, bahkan anti runtuh. Umumnya pasir kali yang biasa berasal dari Boyolali, Semarang dan Boja akan lebih rentan untuk hancur ketika usia bangunannya telah mencapai 10 tahun. Berbeda dengan pasir Muntilan yang mampu bertahan hingga lebih dari 75 tahun.

Harga Pasir Muntilan Terbaru


Berikut daftar harga pasir Muntilan sebagai pasir berkualitas terbaik diantaranya :

Jenis Pasir Ukuran Harga
Pasir Muntilan (2014) Truk Rp. 1,3 juta-1,5 juta
Pasir Muntilan (2016) Truk Rp. 1,6 juta-1,8 juta


Daftar Harga Pasir Jenis Lainnya :
  1. Pasir Putih 
  2. Pasir Silica
  3. Harga Pasir 
Harga pasir Muntilan memang terkadang naik dan turun, hal tersebut bergantung dari permintaan akan pasir muntilan itu sendiri untuk dijadikan bahan bangunan. Pasir Muntilan dengan kualitas yang kokoh dan kuat sangat cocok sebagai material bahan bangunan di area yang rawan longsor, banjir, maupun bergeser. Pasir Muntilan memang populer sebagai pasir dengan kualitas terbaik. Dinamakan sebagai pasir Muntilan sebab lokasi pengambilan untuk pasir sendiri terletak di Kabupaten Muntilan. Pasir Muntilan ini berwarna hitam dengan kadar lumpur mencapai 5% dan sagat ideal untuk cor. Meskipun begitu, karena pasir ini memiliki kadar lumpur yang sedikit maka pasir ini membutuhkan banyak semen alias boros semen. Dalam penggunaannya dengan campuran semen menyebabkan sulit menyatu sebab butirannya bertekstur kasar.
Admin Cans
Admin Cans Hai, siapa aku?